lensabalikpapan.com/- Membicarakan kebutuhan rakyat adalah membicarakan kepentingan bangsa dan negara. Membicarakan masa depan Indonesia Raya, untuk membangun badan dan jiwanya sehingga terbentuk pribadi bangsa yang unggul.

Di Balikpapan ini setelah melakukan pengamatan dan dialog-dialog kecil, saya merasa terpanggil untuk melayani dengan basis Visi Misi yang singkat dan jelas.
Saya kemudian menentukan basis melayani berdasarkan kebutuhan yang saya identifikasi berdasarkan usia,ormas dan peran masing-masing,tak terkecuali difabel yang dimarginalkan.

Adapun kebutuhan-kebutuhan ini akan terpenuhi dan dilaksanakan lewat SKPD yang tentunya saling bersinergi antara yang satu dengan yang lain tanpa mementingkan ego sektoral dengan target yang terukur jelas output nya.
Kebutuhan-kebutuhan ini kemudian saya bagi dalam beberapa bidang:

I. PENDIDIKAN
a. Untuk membangun jiwa Pancasila, saya akan mengadakan kegiatan KEMPING DAN KEMAH PANCASILA bagi pelajar,mahasiswa dan pemuda lintas iman selama satu minggu saat liburan di setiap tahun.
b. Membangun taman Pancasila dengan kelima rumah ibadah sehingga terjadi interaksi yang intens sehingga terbentuk jiwa Pancasila dengan kesadaran Bhinneka Tunggal Ika yang kokoh.
c. Pemberian Reward terhadap pendidik yang tulus dan berprestasi berupa uang,barang dan perjalanan rohani seperti pergi umroh dan menunaikan ibadah Haji.
d. Pemberian Reward terhadap pelajar,mahasiswa dan pemuda berpestasi berupa uang,barang dan perjalanan rohani.
e. Membuka kursus ketrampilan gratis bagi pelajar, mahasiswa dan pemuda untuk peningkatan kualitas diri dan terserap oleh lapangan kerja.
f. Memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negri bagi pelajar dan mahasiswa agar mereka lebih berperan memajukan Kota Balikpapan, bangsa dan dunia, ter-khusus tidak menjadi penonton di ibu kota baru .Adapun kebutuhan-kebutuhan ini akan terpenuhi dan dilaksanakan lewat SKPD yang tentunya saling bersinergi antara yang satu dengan yang lain tanpa mementingkan ego sektoral dengan target yang terukur jelas output nya.
g. Bagi orang tua yang berjuang dan berhasil mendidik anak berprestasi diberikan reward berupa uang, barang dan perjalanan rohani.
h. Membangun Fasilitas Pendidikan yang paling unggul di Indonesia
i. Pendidikan Gratis
j. Pembelajaran pemograman komputer atau coding sejak Pendidikan Sekolah Dasar sebagai basis penguasaan dunia di abad ini.
k. Untuk pengembangan jiwa bagi anak-anak , remaja dan pemuda diberikan alat musik di setiap sekolah dan kelurahan,dan akan diadakan lomba setiap tahun dengan hadiah berupa uang, barang dan perjalanan rohani.

II. KESEHATAN.
a. Untuk kesehatan, saya menekankan pada pendekatan prefentif : Pencegahan terhadap gangguan kesehatan. Saya menekankan ini berbasis Kelurahan dan Rukun Tetangga. Tiap Kelurahan wajib mempunyai masing-masing satu Dokter umum, Tenaga perawat, Tenaga gizi, Bidan dan Tenaga kesehatan lingkungan untuk setiap RT yang turun melayani setiap hari dengan ambulance.
b. Setiap Kelurahan mempunyai satu ambulance.
c. Biaya kesehatan gratis, BPJS di tanggung pemerintah kota untuk Keluarga Harapan, anak-anak, Difabel, Pelajar, Mahasiswa, Pemuda, Janda, Duda, Lansia dan Keluarga yang penghasilan nya di bawah Rp. 10.000.000 perbulan
d. Rumah sakit pemerintah tanpa Kelas.
e. Setiap petugas kesehatan yang melayani dengan baik, akan di beri reward berupa uang, barang dan perjalanan rohani
f. Peningkatan pendidikan dan pelayanan bagi dokter ahli sehingga Balikpapan menjadi pusat pengobatan

III. EKONOMI
a. Untuk penguatan dan membangun jiwa MELAYANI dari birokrasi dengan pembiayaan hidup yang makin tinggi akibat dari dekatnya Ibukota dan kita harus menjadi kota Terbaik. Jadi para Birokrat, baik ASN maupun non ASN di beri insentif pelayanan dan biaya kemahalan. Untuk Honorer di beri Tambahan penghasilan Rp. 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah), sedangkan RT/RW di beri honor bulanan minimal Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah), Atas Pelayanan terbaik mereka , juga reward Perjalanan Rohani
b. Pengembangan pasar baru berbasis kelurahan dengan pendekatan seni sehingga dapat memunculkan dan mengembangkan ekonomi kreatif dan dapat mengurangi pengangguran,selain itu dapat mengurai kemacetan.
c. Memberikan modal usaha, Pelatihan dan kursus terhadap pemuda dan orang tua untuk berwirausaha.
d. Memberi pelatihan khusus untuk usaha kratif baik yang offline maupun yang online
e. Pelayanan terhadap perizinan usaha dilayani dengan mendatangi subyek yang hendak berusaha atau melalui teknologi. Pelayanan diberikan maksimal terhadap orang yang mau berusaha di kota Balikpapan.

IV. SOSIAL
a. Kunjungan mingguan terhadap Lansia dan Difabel oleh pekerja sosial dari Dinas Sosial.
b. Bantuan dana yang diberikan kepada Lansia dan Difabel setiap bulannya, minimal Rp.500.000.-(Lima ratus ribu rupiah).
c. Pemberian tambahan bantuan untuk keluarga harapan.
d. Renovasi dan pembangunan rumah baru untuk keluarga harapan. Pemberian nama,”KELUARGA HARAPAN” untuk menghindari beban, stikma dan labelisasi keluarga miskin.
e. Bantuan untuk korban bencana
f. Bantuan untuk ibu hamil dan anak-anak untuk mencegah kematian ibu dan anak-anak,gizi buruk dan stanting, Hal ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.
g. Bantuan untuk kegiatan Ormas

V. INFRASTRUKTUR
a. Pembangunan pipa gas untuk kebutuhan rumah tangga.
b. Pembangunan jalan alternatif, jembatan layang dan jalan layang untuk mencegah kemacetan dan bertambahnya kendaraan akibat dari efek ibu kota.
c. Pengembangan hutan dan taman yang bertaraf internasional sehingga menjadi daya tarik wisata.
d. Infrastruktur di bangun berbasis seni sehingga kota ini menjadi kota terbaik dunia.
e. Penyediaan Mobil Ambulance, Pemadam Kebakaran dan Mobil Sampah di setiap Kelurahan
f. Memasang CCTV di setiap pusat Keramaian, Persimpangan Jalan , Batas Kota dan Kelurahan sebagai Teknologi Keamanan
g. Sebagai Jaminan Keamanan Kota dan Ibukota, Pemerintah Kota membiayai Patroli Keamanan Gabungan bersama Polisi,TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (PP) dan Pemuda

VI. PARIWISATA DAN SENI
Pariwisata di bangun berdasarkan olahraga, seni, keindahan alam dan budaya.
a. Setiap tahun diadakan Festival seni masyarakat Dayak.
b. Setiap tahun diadakan Festival seni Nusantara.
c. Setiap tahun diadakan Festival musik internasional dengan mendatangkan penyanyi internasional.
d. Mengadakan lomba lari Internasional 10 km.
e. Mengadakan lomba Marathon internasional setiap tahun.
f. Mengadakan Festival Internasional seni rupa dan foto yang diadakan setiap tahun.
g. Membantu obyek wisata yang dikembangkan Masyarakat
h. Membuat taman wisata dan gedung pertunjukan seni yang bertaraf Internasional
i. Mengadakan Lomba Foto dan Film pendek tingkat Pelajar, Mahasiswa dan Wartawan se-Kota Balikpapan, se- Kalimantan , Nasional dan Internasional dengan Hadiah berupa uang, barang dan perjalan rohani , seperti Umroh dan Haji

VII. KEAGAMAAN.
a. Pembuatan dan pemugaran rumah ibadah.
b. Pemberian gaji terhadap pemuka agama
c. Pemberian gaji terhadap guru mengaji dan guru sekolah minggu.
d. Pemberian hadiah berupa uang, barang dan perjlanan rohani kepada pemuka agama dan umat yang berprestasi untuk lomba kegiatan keagamaan.

Upaya Pemenuhan kebutuhan rakyat ini tentunya bekerjasama dengan Perusahaan melalui dana CSR yang di programkan secara Transparan dan terukur sehingga rakyat merasa Bahagia.
(Tim)

Editor : lensabalikpapan