lensabalikpapan.com/- Ditengah pandemi Covid-19 berbagai upaya masyarakat dilakukan untuk membantu warga sesama yang membutuhkan, karena sebagian besar masyarakat merasa terdampak sampai kehilangan pekerjaan.

Salah satunya untuk mengurangi beban masyarakat didirikan warung gratis yang ada di wilayah Perumahan PGRI RT 13 Kelurahan Graha Indah Kecamatan Balikpapan Utara.

Di warung gratis ini warga bisa mengambil sayur, ikan, telor, ayam, beras dan juga olahan sayur.

Tokoh Masyarakat Rina Hidayana, Menceritakan inisiatif membuat warung gratis ini terinspirasi untuk membantu sesama warga.

” Ternyata dampak covid-19 diwilayah ini banyak sekali, jadi kami dari ibu ibu berfikiran bagaimana cara bantu warga sekitar”, katanya.

Menurutnya,  awal mula sebelum ide warung gratis kita lakukan bagi sembako dengan cara mengumpulkan dana dari warga yang mampu dengan paket sembako senilai seratus ribu, dan kita bekerja sama dengan RT untuk lakukan pendistribusian.

” Dapat 40 Paket sembako untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan dengan pendistribusian melibatkan RTnya”, tuturnya.

Ia menyebut ide warung gratis berasal dari  bagaimana kebutuhan hari hari mereka selanjutnya untuk itulah kita buka warung gratis ini.

” Kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan sehingga selain membuka warung gratis di bulan ramadhan kemarin dan pembagian ayam untuk Idul fitri akan kita lanjutkan dengan kegiatan warung barokah”, paparnya.

Dirinya mengatakan untuk warung barokah ini rencanaanyaakan dibuka setiap jumat sebagai tindak lanjut warung gratis.

” Untuk warung barokah ini tidak hanya sayuran mentah dan sembako aja, tetapi juga menyediakan sayur matang”, urai RIna Odang.

Jadi untuk setiap harinya bisa diperkirakan ada 20 orang yang mengambil kebutuhan berupa ikan dan sayur, pungkasnya.

Penulis : Thina
Editor : Symslarfn