lensabalikpapan.com/- Di tengah rasa khawatir penyebaran virus covid-19 dan sesuai himbauan pemerintah untuk melakukan kegiatan di rumah saja, berdampak juga pada kegiatan anggota DPRD Kota Balikpapan yakni Reses.

Reses Masa Persidangan Pertama Tahun 2020 yang dilakukan Anggota DPRD Balikpapan dari Partai Nasdem Kamaruddin berbeda dari reses sebelumnya.

Reses dilakukan di daerah Kelurahan Baru Ulu dan Baru Tengah,Ilir dan Margasari Balikpapan Barat, Selasa (24/03/2020).

“Reses kali ini kita lakukan lewat online by whatsapp, phone dan sistem tertulis. Sesuai himbaun Ketua DPRD Balikpapan untuk mengurangi berkumpul dengan orang banyak dan bekerja dari rumah “, ungkap anggota Komisi IV DPRD Balikpapan.

Kamaruddin mengatakan melalui timnya menyebarkan kertas usulan kepada seluruh Ketua RT. Kertas usulan baik fisik maupun non fisik diaspirasikan oleh warga.

” Usulan selain fisik adalah non fisik seperti bantuan pelatihan, keterampilan dan Fardhu Kifayah serta pemasangan PDAM dan penerimaan murid baru . Sedangkan fisik meliputi pembangunan gazebo di daerah atas air RT 10 Baru Tengah dll “, jelasnya melalui via whatsapp Rabu (25/3/2020).

Menurutnya, reses melalui via online dan sistem tertulis yang diaspirasikan masyarakat by phone dan mengantarkan ke rumah, mempunyai kelebihan dan kekurangan.

“Kelebihannya bisa lebih efektif dan efisien “to the point” , menghemat waktu. Sedangkan kekurangannya kedekatan kami dgn masyrakat jadi kurang karena tidak ada tatap muka langsung”, katanya via chat whatsapp .

Aspirasi ketua RT 09 Baru Ulu Syarkawi mengemukakan reses kali ini tampilannya beda, akibat penyebaran virus corona.”Tapi selaku Ketua RT terjun ke masyarakat dan menanyakan langsung tentang usulan warganya dan menyampaikan usulan tersebut,” kata Syarkawi.

Kamruddin juga berikan sosialisasi terkait himbauan pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona, agar masyarakat jangan panik, ikuti anjuran pemerintah dirumah saja jika tidak ada kepentingan, dan menjaga diri dan keluarga.

Dirinya berharap virus covid-19 segera berakhir dan masyarakat bisa melakukan aktivitasnya lagi.” Terkait dengan aspirasi masyarakat yang di sampaikan di reses, akan di tampung dan disampaikan ke DPRD, pungkasnya.
(Thina)

Editor : lensabalikpapan