lensabalikpapan.com/- Bertempat di Gedung DPRD Kota Balikpapan Kamis(10/10) berlangsung Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Balikpapan dalam rangka Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Ketua DPRD Kota Balikpapan Periode 2019-2024.

Sekretaris DPRD Balikpapan Abdul Azis menyebutkan dalam pembacaan surat putusan Gubernur Kaltim Nomor 171.2/21/B.PPODIII/2019 tentang peresmian pimpinan DPRD kota Balikpapan.

“Surat berisi penetapan Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh. Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz, Sabaruddin P, dan Subari ditetapkan di Samarinda, pada 7 Oktober, ungkapnya”

Sebelumnya pada Selasa (8/10),tim dari DPRD Balikpapan menjemput SK Gubuernur Kaltim di Samarinda.

Untuk diketahui jumlah anggota DPRD yang hadir sebanyak 40 orang,dan undangan sekitar 200 orang dari berbagai elemen masyarakat.

Pelantikan pimpinan DPRD definitif sendiri dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan bersama rohaniawan dari Kemenag Balikpapan. 

Dalam pembacaan surat Gubernur Kaltim oleh Sekretaris Daerah Balikpapan Sayid Fadli Mengatakan sesuai ketentuan perundang-undangan kedudukan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

“Hubungan antara pemerintah daerah
dan DPRD merupakan hubungan yang setara dan kemitraan sama dan sejajar, hubungan kemitraan Yang saya maksudkan adalah pemerintah dan DPRD adalah sama-sama bermitra kerja dalam membuat kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing, yang pada akhirnya kedua lembaga bisa membangun suatu hubungan kerja yang sinergi serasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing guna membangun Pemerintah provinsi Kalimantan Timur terutama membangun daerah kota Balikpapan Jelasnya”

Sementara itu ketua DPRD Definitif Abdullah S.sos, mengatakan rencana setelah dilakukan nya pelantikan akan dilakukan penetapan susunan fraksi.

“Rencana hari ini akan penetapan susunan fraksi, penetapan pengurus fraksi ,kalau itu clear hari ini,setelah itu penetapan pansus tantif sekaligus rancangan yang sudah di godok oleh kopja atau kelompok kerja dewan yang sudah tersusun dalam pembahasan terakhir pansus tantif sudah dapat merekomendasikan ujarnya

Ditambahkan nya sebelum menetapkan pansus harus menyusun Fraksi terlebih dahulu.

“penyusunan fraksi ditetapkan dulu,sebelum penetapan pansus kita menetapkan dulu susunan fraksi, karena masih ada satu kendala adalah fraksi PKS pada hari ini kami rapat gabungan dulu untuk menetapkan fraksi ,dengan pimpinan definitif Kalau ini sekesai berlanjutjt Kepada penetapan pansus tantif oleh pimpinan definitif Tutupnya”

Editor : lensabalikpapan